Logo Bloomberg Technoz

Kampanye Online Bikin Order Kaos Sepi, Sektor Tekstil Gigit Jari

Dovana Hasiana
01 February 2024 12:50

Pabrik garmen (Jeff Holt/Bloomberg)
Pabrik garmen (Jeff Holt/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Kementerian Perindustrian mencatat subsektor Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (KBLI) 13 industri tekstil masih menjadi salah satu subsektor yang mengalami kontraksi dalam rilis Indeks Kepercayaan Industri (IKI) Januari 2024.

Direktur Industri Tekstil, Kulit, dan Alas Kaki Kemenperin Adie Rochmanto Pandiangan menjelaskan pesta demokrasi pada 2024 ternyata tidak berhasil meningkatkan permintaan dan produksi sektor tekstil, khususnya dalam bentuk atribut seperti spanduk dan kaos.

Hal ini diduga terjadi sebagai imbas peningkatan peran media elektronik dalam kampanye. Walhasil, berbagai aksi kampanye beralih menggunakan platform digital. 

“Kita tadinya berharap pesta demokrasi yang ada mengangkat atau meng-upgrade dari nilai IKI terhadap permintaan maupun produksi. Namun, itu yang kami coba periksa. Kemungkinan besar, peran media elektronik dalam rangka kampanye cukup berpengaruh besar,” ujar Adie saat ditemui di kantornya, Rabu (31/1/2024).

“Jadi terhadap atribut spanduk kaos yang biasanya pada tahun-tahun sebelumnya dimintakan itu tidak begitu banyak terjadi."

Ilustrasi Pabrik Tekstil. (Dimas Ardian/Bloomberg)