Logo Bloomberg Technoz

Poin-poin Penting dari Keputusan The Fed untuk Tahan Suku Bunga

News
01 February 2024 07:20

The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)
The Federal Reserve (Sumber: Bloomberg)

Scott Lanman - Bloomberg News

Bloomberg, Bank Sentral AS atau Federal Reserve (The Fed) memutuskan untuk menahan suku bunga acuan tidak berubah, dalam kisaran target 5,25% hingga 5,5%. Berikut poin-poin penting dalam keputusan tersebut.

Komite Pasar Terbuka Federal (FOMC) dengan suara bulat memutuskan untuk mempertahankan suku bunga acuan - seperti yang diperkirakan - dalam kisaran target 5,25% - 5,5% untuk pertemuan keempat berturut-turut. Pernyataan The Fed diubah secara signifikan, termasuk referensi baru untuk mempertimbangkan "penyesuaian apa pun" pada suku bunga acuan, menjauh dari bias sebelumnya terhadap potensi kenaikan.

Para pembuat kebijakan mengisyaratkan belum siap untuk menurunkan suku bunga pada pertemuan berikutnya di bulan Maret. Mereka mengatakan langkah tersebut kemungkinan tidak akan tepat sampai mereka benar-benar yakin bahwa "inflasi bergerak secara berkelanjutan menuju 2%".

The Fed mempertahankan langkah pengetatan kuantitatif, dengan jumlah maksimum US$60 miliar obligasi Treasury dan US$35 miliar sekuritas yang didukung kredit pinjaman dihapus dari neraca setiap bulan. Pernyataan tersebut tidak memberikan petunjuk tentang perubahan pada program ini.