Logo Bloomberg Technoz

Jejak Tradisi Fans K-Pop di Kampanye Pilpres 2024

Septiana Ledysia
28 January 2024 14:00

Ilustrasi Ketiga Capres (Asfahan/Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Ketiga Capres (Asfahan/Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pengaruh K-Pop di Indonesia, terutama di media sosial sangat besar. Beberapa kali komunitas ini disenggol hanya agar menjadi trending topic.

Kenapa K-Pop begitu besar? Menurut Uniqe Authors, Indonesia tercatat sebagai negara dengan jumlah penggemar K-Pop terbesar di dunia maya pada 2021. Tentunya hal tersebut sering sekali dijadikan alat untuk kepentingan sebuah kelompok. Para K-Popers juga sering dianggap sebagai cerminan Gen-Z.

Seperti halnya yang terlihat pada Pemilu 2024 kali ini. Pengaruh K-Pop menghiasi cara berkampanye salah satu calon, yaitu paslon nomor urut 1 pasangan Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar.

Berawal dari live TikTok yang menggugah seorang oknum untuk membuka akun @aniesbubble. Akun ini layaknya akun di media sosial X yang bertujuan untuk mendukung idola mereka. Di akun tersebut mereka membagikan informasi terkait Anies dan event-event yang sedang berjalan.

Akun @aniesbubble. (Sumber: Media sosial X)

Lalu apa yang melatarbelakangi akun ini dibuat? 

“Jadi, awalnya itu aku iseng aja dan aku sebagai sudah terbiasa mengelola akun kayak gitu untuk promosiin idol favorit aku di aplikasi X. Aku ga punya ekpetasi aku pernah post itu, sebelumnya aku udah pernah tayang, jadi gatau bakal booming gitu kan dan niatnya cuman kasih tau live Anies aja,” jawab pengelola akun @aniesbubble yang tidak ingin disebut namanya kepada Bloomberg Technoz belum lama ini.