Logo Bloomberg Technoz

BMKG: Gempa Bumi Magnitudo 4,4 Guncang Tanah Datar, Sumbar

Redaksi
28 January 2024 08:30

Laporan Gempa Padang (Sumber: BMKG)
Laporan Gempa Padang (Sumber: BMKG)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melaporkan gempa bumi magnitudo 4,4 mengguncang wilatah Tanah Datar, Sumatera Barat, pada Sabtu (27/1/2024) pukul 23.50 WIB.

Hasil analisis BMKG menunjukkan episenter gempa tektonik ini terletak pada koordinat 0.52° LS ; 100.56° BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 7 Km Barat Daya Batu Sangkar, Tanah Datar, Sumatera Barat pada kedalaman 10 km.

Kepala Stasiun Geofisika Padang Panjang Suaidi Ahadi mengatakan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat adanya aktivitas Sesar Sumatera Segmen Sumani.

Gempabumi ini berdampak dan dirasakan di daerah Bukittinggi dan Padang Panjang dengan skala intensitas III MMI, yakni getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu); Padang, Padang Pariaman, Pesisir Selatan, Pasaman Barat, dan Solok Selatan II-III MMI, yakni getaran dirasakan oleh beberapa orang, benda-benda ringan yang digantung bergoyang).

"Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi ini tidak berpotensi tsunami," ujar Suaidi dalam keterangan tertulis, Minggu (28/1/2024).