Logo Bloomberg Technoz

Kenaikan ini jadi anomali di tengah data impor China yang turun sekitar 5,5% tahun lalu. Menjadi penegasan bahwa industri cip akan didorong menjadi mandiri, termasuk oleh pemerintah China.

Impor peralatan pembuatan Cip oleh China naik. (Dok: Bloomberg)

Perusahaan-perusahaan chip China dengan cepat berinvestasi pada pabrik-pabrik semikonduktor baru. Perusahaan mencoba dan memajukan kemampuan negara dan menyiasati kontrol ekspor yang diberlakukan oleh AS dan sekutunya.

Pembatasan tersebut mempersulit perusahaan-perusahaan China mendapatkan akses ke mesin yang dibutuhkan untuk membuat cip yang paling canggih - dan memperlambat perkembangan sektor teknologi tinggi China. Sektor ini dipandang telah dan akan menjadi ancaman bagi AS. 

Ilustrasi perang teknologi Amerika vs China (Bloomberg Technoz)

Impor China dari Belanda melonjak tahun lalu menjelang kontrol ekspor baru, yang selanjutnya akan membatasi kemampuan perusahaan-perusahaan seperti Semiconductor Manufacturing International Corp (SMIC) untuk mendapatkan mesin-mesin terbaru.

Pada bulan Desember, impor peralatan litografi dari Belanda melonjak hampir 1.000% dari tahun sebelumnya menjadi US$1,1 miliar, Perusahaan-perusahaan segera membeli menjelang dimulainya pembatasan Belanda bulan ini.

Impor peralatan litografioleh China. (Dok: Bloomberg)

Bahkan sebelum pembatasan tersebut diberlakukan, perusahaan Belanda ASML Holding NV telah membatalkan pengiriman beberapa mesin-mesin terbaiknya ke China atas permintaan pemerintah AS, Bloomberg melaporkan pada awal bulan ini. 

Pembatalan tersebut terjadi beberapa minggu sebelum larangan ekspor peralatan pembuatan cip kelas atas diberlakukan.

(bbn)

No more pages