Logo Bloomberg Technoz

Kemenhub akan Periksa Gran Max usai Jepang Cabut Izin Keamanan

Dovana Hasiana
17 January 2024 10:40

Ilustrasi Daihatsu Gran Max (Dok. Astra Daihatsu)
Ilustrasi Daihatsu Gran Max (Dok. Astra Daihatsu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) menyebut akan melakukan pemeriksaan terhadap mobil Daihatsu Gran Max di Indonesia. Hal ini berkaitan dengan dicabutnya sertifikat uji keamanan mobil tersebut oleh otoritas Jepang.

"Nantinya tipe ini (Gran Max) akan jadi target pengujian juga," ujar Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati kepada Bloomberg Technoz, Rabu (17/1/2024).

Kendati demikian, terkait dengan Gran Max, Kemenhub masih menunggu pernyataan resmi dari Daihatsu Indonesia terkait isu tersebut. 

"Namun secara paralel kami sudah mulai melakukan pengujian kendaraan yang memang dilaksanakan rutin tiap tahun," tegasnya.

Pemerintah Jepang melalui Kementerian Transportasi mencabut sertifikasi keamanan mobil Daihatsu Gran Max imbas serangkaian skandal Daihatsu terkait uji keselamatan. Seperti diketahui, mobil Gran Max sendiri memiliki pasar tersendiri di Indonesia.
 
Di Jepang, Gran Max dicabut sertifikat keamanannya bersama dua merek mobil lainnya: TownAce dan Toyota Bongo dari Mazda Motor Corp.