Logo Bloomberg Technoz

Tumbang 1-3 Lawan Irak, Timnas Indonesia Protes ke AFC Soal Wasit

Pramesti Regita Cindy
16 January 2024 14:10

Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan mencetak gol di Piala Asia 2023 Qatar (Dok. PSSI)
Pemain Timnas Indonesia Marselino Ferdinan mencetak gol di Piala Asia 2023 Qatar (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Manajer Timnas Indonesia, Endri Erawan melayangkan protes resmi kepada Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) usai laga Indonesia vs Irak di Piala Asia 2023 Qatar. Timnas Indonesia keberatan terhadap keputusan wasit Tantashev Ilgiz yang mengesahkan gol kedua Irak pada menit ke-45+7.

"Kami sudah resmi melayangkan formulir protes dan diserahkan langsung ke match commissioner seusai pertandingan," kata Endri dikutip dari laman PSSI, Selasa (16/1/2024).

"Kami tahu protes ini tidak akan mengubah hasil pertandingan. Namun setidaknya untuk pertandingan-pertandingan di ajang Piala Asia 2023 ini para wasit atau perangkat pertandingan bisa lebih baik lagi dalam mengambil keputusan."

Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI tersebut mengklaim tak memprotes kekalahan Timnas Indonesia dari Irak. Menurut dia, kedua tim telah menjalani pertandingan dengan baik, namun memang anak asuhan pelatih Shin Tae-yong perlu berbenah dan meningkatkan kemampuan.

Akan tetapi, menurut dia, seandainya wasit menganulir gol Osama Rashid hasil pertandingan dipastikan berbeda. Pertandingan di Ahmad bin Ali Stadium tersebut berakhir dengan skor 3-1 untuk Irak. 

Tim Pelatih Timnas Indonesia di Piala Asia 2023 Qatar (Dok. PSSI)