Logo Bloomberg Technoz

Lawan Irak, Laga Perdana Timnas Indonesia di Piala Asia 2023

Dinda Decembria
15 January 2024 17:15

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga perdana Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)
Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong jelang laga perdana Piala Asia 2023. (Dok. PSSI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Timnas Indonesia akan melakoni laga perdana pada Piala Asia 2023 di Qatar, malam ini. Anak asuh pelatih Shin Tae-yong akan melawan salah satu tim kuat Timur Tengah, Irak di Ahmed bin Ali Stadium, sekitar pukul 21.30 WIB.

Pelatih asal Korea Selatan tersebut mengklaim, Timnas Garuda akan memberikan kejutan dalam sejumlah laga di Grup D Piala Asia 2023 Qatar, termasuk saat melawan Irak. Meski dia tak menampik adanya jeda lebar antara peringkat Timnas Indonesia dengan Timnas Irak, berdasarkan peringkat FIFA.

"Timnas Indonesia sudah siap menghadapi Irak besok. Saya setuju bahwa ada selisih ranking yang sangat besar antara Irak dan Indonesia. Tentu saja, kemampuan kami juga berbeda (dengan Irak), semua orang tahu itu dan saya harus mengakuinya," kata Shin Tae-yong dikutip dari laman PSSI, Senin (15/1/2024).

Menurut Shin, Timnas Indonesia adalah tim paling muda di Grup D. Berdasarkan peringkat FIFA, Garuda juga berada pada posisi paling bawah dibandingkan tiga timnas lainnya di grup tersebut yaitu Jepang, Irak, dan Vietnam.

"Namun, tetap saya bisa katakan bahwa tim kami punya potensial dan kami sedang mencoba membangun, bukan hanya performa, tetapi juga kepercayaan diri," kata dia.