Logo Bloomberg Technoz

Gautam Adani Kembali Jadi Orang Terkaya di Asia

News
05 January 2024 20:30

Miliarder dan ketua Grup Adani, Gautam Adani. (Kobi Wolf/Bloomberg)
Miliarder dan ketua Grup Adani, Gautam Adani. (Kobi Wolf/Bloomberg)

P R Sanjai - Bloomberg News

Bloomberg, Setelah naik turun dalam peringkat kekayaan tahun lalu, Gautam Adani kembali menjadi orang terkaya di Asia, beberapa hari setelah pengadilan tinggi India mengatakan tidak diperlukan penyelidikan baru atas tuduhan Hindenburg Research yang menghebohkan terhadap konglomerat tersebut.

Kekayaan bersih Adani naik $7,7 miliar dalam sehari menjadi $97,6 miliar, merebut kembali posisi teratas di wilayah ini dari rekan senegaranya Mukesh Ambani, menurut Bloomberg Billionaires Index. Ambani, chairman Reliance Industries Ltd, membuntuti dengan selisih tipis dengan kekayaan bersih $97 miliar, menurut indeks tersebut.

Kembalinya pengusaha generasi pertama ini, yang memulai kariernya sebagai pedagang berlian di tahun 1980-an, menutup tahun yang penting bagi konglomerat pelabuhan Adani. Meskipun menyangkal tuduhan Hindenburg tentang penipuan perusahaan, Grup Adani kehilangan lebih dari $150 miliar nilai pasar pada satu titik tahun lalu dan menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk merayu para investor, pemberi pinjaman, melunasi utang, dan meredakan kekhawatiran regulator.

Saham-saham Grup Adani menguat setelah Mahkamah Agung India minggu ini memerintahkan regulator pasar lokal untuk menyelesaikan penyelidikannya terhadap konglomerat ini dalam waktu tiga bulan dan mengatakan bahwa tidak ada lagi penyelidikan yang diperlukan, yang secara efektif mengakhiri kisah short-seller yang telah berlangsung selama setahun.