Logo Bloomberg Technoz

Tesla Recall 1,6 Juta Unit Mobil di China, Masalah Autopilot

News
05 January 2024 17:00

Tesla Model Y ditampilkan di stan Tesla Inc. selama World Internet of Things Exposition di Wuxi, Tiongkok, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg)
Tesla Model Y ditampilkan di stan Tesla Inc. selama World Internet of Things Exposition di Wuxi, Tiongkok, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg)

Bloomberg News,Perusahaan Otomotif Tesla Inc. melakukan recall (penarikan unit) terhadap hampir semua mobil yang pernah dijual di China karena masalah dengan sistem bantuan autopilot.

Produsen mobil tersebut akan menerapkan perbaikan perangkat lunak melalui udara (over-the-air) pada lebih dari 1,6 juta kendaraan yang diproduksi antara Agustus 2014 hingga Desember 2023, termasuk Model 3 dan Model Y yang dibuat secara lokal serta model premium yang diimpor, kata Administrasi Negara untuk Regulasi Pasar dalam sebuah pernyataan.

Penarikan kembali ini mencerminkan respons produsen mobil pada bulan lalu terhadap Lembaga Administrasi Keselamatan Lalu Lintas Jalan Raya Nasional AS (NHTSA) yang menyatakan bahwa mereka tidak berbuat cukup untuk memastikan pengemudi menggunakan Autopilot dengan benar. 

NHTSA mengatakan akan terus melakukan penyelidikan kerusakan selama bertahun-tahun untuk memantau keefektifan perbaikan yang dilakukan perusahaan terhadap 2 juta mobil.

Perwakilan Tesla yang berbasis di Shanghai tidak segera menanggapi permintaan komentar.