Logo Bloomberg Technoz

Ledakan di Iran dan Peringatan AS Naikkan Ketegangan di Timteng

News
04 January 2024 16:30

Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi negara Iran. (Dok: Bloomberg)

Patrick Sykes dan Arsalan Shahla - Bloomberg News

Bloomberg, Iran mengatakan ledakan-ledakan yang menewaskan hampir 100 orang di sebuah provinsi di bagian tengahnya bertujuan untuk menghukum sikapnya terhadap invasi Israel ke Gaza. Hal ini menambah tanda-tanda bahwa perang melawan Hamas dapat berujung pada konflik regional yang lebih luas.

Tidak ada kelompok yang segera mengaku bertanggung jawab atas ledakan kembar di Kerman pada Rabu, yang meledak di tengah kerumunan orang yang menandai ulang tahun kematian Qassem Soleimani, salah satu jenderal terkuat Iran yang dibunuh oleh AS dalam serangan pesawat tak berawak pada tahun 2020. Teheran mengatakan lebih dari 200 orang terluka.

Secara terpisah, lebih dari selusin negara memperingatkan kelompok Houthi yang didukung Iran di Yaman agar tidak melanjutkan serangan mereka terhadap pelayaran di Laut Merah, yang telah mengganggu perdagangan global dan memicu penumpukan kekuatan angkatan laut Barat di daerah tersebut.

Peta ledakan di Iran. (Dok: Bloomberg)

Kelompok-kelompok yang didukung oleh Iran telah meningkatkan serangan di Irak, Suriah, Lebanon, dan Yaman, sejak Israel menyerang balik Hamas, kelompok yang berbasis di Gaza yang ditetapkan sebagai organisasi teroris oleh Amerika Serikat dan Uni Eropa. Hamas menyusup ke Israel pada 7 Oktober, menewaskan sekitar 1.200 orang dan menculik 240 orang lainnya. Lebih dari 100 sandera masih berada di Gaza.