Logo Bloomberg Technoz

Makamnya Jadi Lokasi Ledakan di Iran, Siapa Qassem Soleimani?

News
04 January 2024 14:10

Mural Jenderal Iran Qassem Soleimani di Caracas, Venezuela, Senin (23/1/2023). (Carlos Becerra/Bloomberg)
Mural Jenderal Iran Qassem Soleimani di Caracas, Venezuela, Senin (23/1/2023). (Carlos Becerra/Bloomberg)

Peter Martin - Bloomberg News

Bloomberg, Qassem Soleimani, komandan Pasukan Quds, pasukan elit Korps Garda Revolusi Islam Iran, merupakan personifikasi proyeksi kekuatan negara itu di luar negeri. Kematiannya dalam serangan AS di dekat Bandara Internasional Baghdad pada tahun 2020 terus bergema di seluruh Timur Tengah, di mana ia membantu menjadikan Iran sebagai pemain regional yang menentukan melalui jaringan milisi proksi.

Empat tahun kemudian, ketika kerumunan orang berkumpul di makamnya untuk memperingati ulang tahun kematiannya, sebuah ledakan menewaskan hampir 100 orang; seorang pejabat senior Iran menyalahkan serangan teroris.

1. Bagaimana Qassem Soleimani terbunuh?

Komandan Militer Qassam Soleimani meninggal dunia dalam serangan Udara AS pada 2020 silam (Ali Mohammadi/Bloomberg)

Sebuah serangan udara yang diperintahkan oleh Donald Trump, yang saat itu menjabat sebagai presiden AS, menewaskan Qassem Soleimani di dekat bandara Baghdad pada 3 Januari 2020. Trump mengesahkan serangan itu beberapa hari setelah puluhan milisi yang didukung Iran dan para pendukungnya menyerbu kompleks kedutaan besar AS di Baghdad untuk memprotes serangan udara AS terhadap Kataeb Hizbullah, milisi yang didukung Iran yang secara berada di bawah komando angkatan bersenjata Irak.