Logo Bloomberg Technoz

Pengangguran kaum muda China mencapai rekor tertinggi selama musim panas, sebelum pemerintah berhenti mempublikasikan angkanya.

Meningkatkan kesejahteraan masyarakat telah menjadi komponen kunci kontrak sosial yang diandalkan oleh Partai Komunis selama beberapa dekade dalam pengambilan keputusannya. China memasuki periode penting ketika para pembuat kebijakan mencoba untuk meningkatkan pertumbuhan, menstabilkan krisis di pasar properti dan mencegah negara dengan ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut mengalami deflasi.

Beijing diperkirakan akan kembali menargetkan sasaran pertumbuhan sekitar 5% pada tahun 2024, untuk menghindari siklus negatif yang dapat terjadi jika angka pertumbuhan lebih rendah. Mempertahankan tingkat pertumbuhan tersebut akan lebih sulit karena basis perbandingan yang lebih tinggi.

Memperkuat kepercayaan terhadap China akan menjadi hal yang sangat penting pada tahun ini. Kekhawatiran atas pembuatan kebijakan Beijing yang tidak jelas membuat investor ketakutan pada tahun lalu, sementara suku bunga yang lebih tinggi di luar negeri mendorong arus keluar modal. 

Tindakan keras baru-baru ini terhadap industri game memicu kehancuran sebesar $80 miliar, memicu kekhawatiran baru terhadap perubahan kebijakan, karena investor asing mencatat pembelian tahunan terkecil pada saham China.

Tanda-tanda pelemahan perekonomian masih terus berlanjut, dengan aktivitas pabrik menyusut pada bulan Desember ke level terendah dalam enam bulan, yang kemungkinan menambah tekanan bagi para pengambil kebijakan untuk segera bertindak guna memberikan dorongan pada perekonomian.

Meskipun demikian, Xi pada hari Minggu memuji “kehebatan manufaktur” China dan menyebutkan daftar proyek dalam negeri termasuk jet penumpang C919 buatan dalam negeri, kapal pesiar buatan China, program luar angkasa, kapal selam berawak, dan mobil listrik.

Xi juga menggunakan pidatonya untuk menegaskan kembali posisi Partai Komunis yang berkuasa bahwa China “pasti akan bersatu kembali” – sebuah singgungan terhadap Taiwan, pulau dengan pemerintahan mandiri yang dianggap milik Beijing dan telah berjanji untuk mengklaimnya, dengan kekerasan jika perlu.

Komentarnya muncul hanya beberapa minggu sebelum para pemilih di Taiwan melakukan pemungutan suara untuk memilih presiden berikutnya, karena pemilu AS yang semakin dekat juga membawa risiko geopolitik baru. Gejolak masih terjadi di eselon atas kepemimpinan militer China, dengan lebih banyak tokoh senior yang disingkirkan dari lembaga-lembaga tinggi minggu lalu.

(bbn)

No more pages