Logo Bloomberg Technoz

Cak Imin Klaim Perannya Bikin Saudi Tak Semena-mena pada TKI

Pramesti Regita Cindy
15 December 2023 08:50

Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Bacawapres Muhaimin Iskandar atau Cak Imin tiba untuk pemeriksaan kesehatan di RSPAD, Sabtu (21/10/2023). (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Calon Wakil Presiden (Cawapres) nomor urut 1, Abdul Muhaimin Iskandar atau Cak Imin mengeklaim perannya yang menurut dia pernah memperjuangkan hak-hak tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri.

Salah satu catatan prestasi yang dilakukan ketika menjadi Menteri Tenaga Kerja era presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yakni kata dia adalah menghentikan pengiriman TKI ke Arab Saudi. 

"Saya pernah menjadi Menteri Tenaga Kerja. Untuk pertama kalinya waktu itu saya tutup pengiriman tenaga kerja ke sini. Akhirnya pemerintah Arab Saudi datang ke Jakarta dan meminta agar dibuka kembali," ujar Cak Imin dalam lawatannya ketika bertemu para simpatisan di Mekah, Arab Saudi, dalam rilis yang diterima, dikutip pada Jumat (14/12/2023).

Ketua umum PKB ini menjelaskan bahwa akhirnya karena pengiriman TKI dimoratorium, Arab Saudi pada tahun 2011 untuk pertama kalinya menandatangani Memorandum of Understanding atau MoU terkait ketenagakerjaan dengan Indonesia.

"Jadi 2011 pertama kalinya dalam sejarah Saudi mau menandatangani MoU (Ketenagakerjaan dengan Indonesia), (sebelumnya) Arab Saudi tidak pernah mau menandatangani MoU apapun," kata Muhaimin. 

Temu Kebangsaan Relawan AMIN di Arab Saudi, Makkah, 14/12/2023). (Istimewa/Tangkapan Layar)