Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Minta Mahfud MD Urus Ribuan Pengungsi Rohingya di Aceh

Fransisco Rosarians Enga Geken
04 December 2023 19:00

Kapal Pengungsi Rohingya, Myanmar yang berlabuh di Aceh. (Dok. UNHCR)
Kapal Pengungsi Rohingya, Myanmar yang berlabuh di Aceh. (Dok. UNHCR)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud MD menyelesaikan polemik yang terjadi di Bireuen, Aceh. Hal ini muncul usai masyarakat setempat menolak kedatangan ratusan warga Rohingya yang mengungsi dari Myanmar.

"Saya telah memerintahkan kepada Menkopolhukam untuk menangani bersama-sama dengan daerah, bersama-sama dengan UNHCR," kata Jokowi seperti dilansir Sekretariat Presiden, Senin (4/12/2023).

Sebelumnya, sekitar 249 pengungsi asal Rohingya memasuki perairan Indonesia dengan menggunakan kapal kayu sejak Selasa (21/11/2023. Mereka pun memaksa berlabuh dan meminta bantuan masyarakat dan pemerintah Indonesia.

Hingga saat ini, menurut informasi, sudah ada ribuan warga Rohingya yang mendarat dengan menggunakan enam kapal di perairan Bireuen, Aceh. 

Badan Pengungsi Persatuan Bangsa-bangsa (PBB) atau UNHCR sendiri mencatat sudah ada lebih dari satu juta warga Rohingya yang keluar dari Myanmar untuk mencari perlindungan ke sejumlah negara. PBB pun meminta negara-negara membantu dan menolong para warga Rohingya yang terancam kematian karena terombang-ambing di laut.