Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Tertawa soal Cak Imin yang Sebut Menhan Jatahnya

Pramesti Regita Cindy
04 December 2023 12:00

Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)
Keterangan Pers Presiden Jokowi, Istana Merdeka, 4 Desember 2023. (Tangkapan Layar Youtube Setpres)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tertawa pada saat ditanyakan soal jatah menteri pertahanan (menhan) yang seharusnya disebut akan diberikan kepada Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar tetapi gagal. Jokowi menegaskan bahwa pos menteri adalah hak prerogatif presiden.

"Kementerian, menteri itu hak prerogatif presiden enggak ada jatah-jatahan, enggak ada," kata Presiden Jokowi pada saat ditemui awak media di kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, Senin (4/11/2023).

Hal tersebut disampaikan Jokowi merespon cawapres nomor urut 1 Muhaimin Iskandar atau Cak Imin yang mengeklaim bahwa kursi menhan seharusnya adalah untuk dirinya. Namun kemudian diberikan kepada Prabowo Subianto.

Cak Imin pada saat hadir di Millenial & Gen Z Summit di Senayan Park, Jakarta Pusat, pada Minggu (26/11/2023) menjawab Waketum PAN Yandri Susanto yang mempertanyakan sikap Cak Imin yang ingin perubahan padahal dia masih berada di pemerintahan Jokowi.

"Saya hanya ingin sampaikan termasuk (soal) Pak Prabowo, tiba-tiba jadi menteri, aslinya Menhan itu saya sebetulnya janjinya begitu. Jadi tiba-tiba Pak Prabowo masuk, jadi koalisi ini adalah koalisi yang tidak bisa disebut dalam pemerintahan atau di luar pemerintahan, koalisi ini adalah koalisi yang kembang-berkembang, fleksibel," kata Cak Imin.