Logo Bloomberg Technoz

Politikus Anti-Islam Belanda Menang, Yang di Prancis Kalah Terus

Pramesti Regita Cindy
25 November 2023 11:30

Geert Wilders. (Sumber: Bloomberg)
Geert Wilders. (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Politikus kontroversial anti-Islam Geert Wilders berhasil menang dalam Pemilu Belanda pada hari Rabu. Partainya yang anti Uni-Eropa berhasil mengalahkan pesaingnya.

Diketahui, Partai untuk Kebebasan (PVV), partai Wilders sudah 25 tahun berada di parlemen. Oleh karena itu akan memenangkan 37 kursi, jauh lebih banyak dibanding pesaingnya yakni koalisi partai sayap kiri.

Kemenangan Wilders disebutkan mengguncang politik Belanda dan bahkan Eropa. Pasalnya, dia menginginkan Belanda keluar dari Uni Eropa.

Para elite calon pemimpinan negara yang anti-Islam hampir selalu ada di Pemilu di Eropa. Contoh lainnya adalah Prancis yang dari pemilu ke pemilu juga diikuti calon yang anti-imigran hingga anti-Islam. Sebutlah nama  Jean-Marie Le Pen, tokoh sayap kanan yang amat terkenal dan berkali-kali mencoba peruntungan di pemilu. 

Terakhir, pada saat mencoba yang keempat kalinya, Le Pen sebagaimana dikutip dari laman The Guardian, bisa masuk putaran kedua tetapi selalu gagal jadi Presiden Prancis.