Logo Bloomberg Technoz

"Danau Toba ada F1 Powerboat nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E. Nanti di Mandalika ada superbike, ini akan apa akan men-trigger ekonomi di daerah, ini sangat bagus sekali," ucap Presiden Jokowi dikutip dari YouTube Sekretariat Presiden.

Sempat Setop

Diketahui sedianya balapan dilangsungkan pada Sabtu (25/2/2023). Namun karena angin kencang dan gelombang tinggi dijadwalkan ulang menjadi Minggu (26/2/2023). Sayangnya pada Minggu siang, ajang balapan F1H20 Powerboat juga belum mulus. Sekitar pukul 15.20 WIB sempat terjadi angin kencang sebagaimana menurut penonton.

Sesi latihan pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor F1 Powerboat (F1H2O) 2023 di Danau Toba, Balige, Sumatera Utara. (Ist)

"Katanya sudah dicoba rute pendek tapi tetap enggak bisa juga. Kabarnya karena angin balapan dibatalkan," kata penonton F1H20 Powerboat, Lusinda S kepada Bloomberg Technoz, Minggu (26/2/2023).

Penampakan area bukit dan persawahan di sekitar area F1H20 Power Boat Danau Toba, Balige, Sumut (Ist)

Para pembalap kata dia sempat mencoba melakukan dua putaran namun terhambat ombak kencang sehingga mau tak mau kapal balap langsung parkir. Belum ada kejelasan, para penonton berangsur-angsur meninggalkan venue penonton.

Padahal ajang balapan baru dimulai sekitar 10 menit. Awalnya ada 12 kapal yang tampak berlaga namun kemudian hanya 5 kapal yang bisa melanjutkan. Lalu seluruhnya sempat berhenti karena angin yang cukup kencang dan ombak tinggi. Balapan yang sedianya dilakukan dua race menjadi hanya satu race.

(ezr)

No more pages