Logo Bloomberg Technoz

BNPB: Waspada Banjir di Akhir November

Septiana Ledysia
20 November 2023 20:30

Ilustrasi Banjir. (Prakash Singh/Bloomberg)
Ilustrasi Banjir. (Prakash Singh/Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melaporkan beberapa bencana banjir yang terjadi di beberapa wilayah di Indonesia. 

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, Ph.D. mengatakan dalam satu minggu ke depan potensi hujan di Sumatera, Maluku Utara, Sulawesi Utara, dan Kalimantan akan tinggi. Jadi potensi banjir akan terjadi di Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sulawesi Tengah, Sulawesi Utara, Maluku Utara.

Abdul juga mengatakan El Nino juga akan terus berlangsung hingga April 2024. 

“Kita lihat proporsi kebekaran hutan dan lahan sudah minim, meskipun el nino masih berpengaruh sampai sekarang intensitas hujan akan lebih banyak, el nino bukan mengurangi hujan, buat teman-teman yang suka berolahraga di luar ruangan jangan sampai dehisdrasi karena tingkat suhu masih tinggi dari rata-rata,” ujar Abdul dalam acara disaster briefing yang ditayangkan secara live di akun YouTube BNPB Indonesia, Senin (20/11/2023).

Dalam kesempatan tersebut BNPB juga melaporkan beberapa bencana yang terjadi di wilayah Indonesia dari 13-19 November 2023. Seperti terjadi banjir di Kabupaten Natuna, Provinsi Kepulauan Riau pada Minggu (19/11).