Logo Bloomberg Technoz

Kejadian banjir dipicu hujan deras pukul 08.00 WIB. Wilayah terdampak meliputi desa Batu Hitam, Desa Bandarsyah, Desa Ranai Kota, Desa Sebadai Ulu di Kecamatan Bunguran Timur. 

Laporan Pusdalops Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) menyebutkan korban jiwa sebanyak 17 jiwa mengungsi, dan 20 KK terdampak, sedangkan kerugian materil sebanyak 20 unit rumah terendam dan 1 unit motor terseret sungai. 

Banjir juga terjadi di Kabupaten Landak tepatnya di Desa Meranti, Kalimantan Barat pada Minggu (19/11). Sebanyak 359 rumah terendam dan satu jembatan rusak berat serta setidaknya 1.242 jiwa terdampak.

Banjir bandang terjadi di Kabupaten Samosir, Sumatera Utara yang membuat 620 warga mengungsi dan 1 orang meninggal dunia. Lokasi yang terdampak karena banjir ini adalah Kecamatan Harian, Kecamatan Sianjur Mulamula, Kecamatan Palipi dan Nainggolan.

“Secara umum kita lihat bahwa kondisi tren kejadian bencana sudah bergeser, meskipun begituan BNPB masih siagakan satu untuk memastikan kalau ada kondisi-kondisi di luar perkiraan kita penanganan masih cepat kita lakukan. Ada beberapa hal yang menjadi atensi, sekarang potensi bencana di depan mata. Estimasi puncak musim hujan di Januari-Februari,” tutup Abdul.

(spt)

No more pages