Logo Bloomberg Technoz

AS, Korsel Bahas Langkah Tanggapi Serangan Nuklir Korut

News
24 February 2023 08:52

Korea Utara (Sumber: Bloomberg)
Korea Utara (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Amerika Serikat (AS) dan Korea Selatan (Korsel) mengadakan pembicaraan soal langkah menanggapi kemungkinan serangan nuklir oleh Korea Utara (Korut) yang terus membangun kemampuannya untuk melancarkan serangan nuklir terhadap kedua negara itu.

Departemen Pertahanan AS atau Pentagon dalam sebuah pernyataan Kamis (23/02/2023) malam menyebut pembahasan yang diadakan di Washington itu sebagai latihan di atas meja yang berfokus pada skenario hipotesis penggunaan senjata nuklir Korut. 

“Kedua belah pihak membahas berbagai opsi untuk menunjukkan kemampuan respons kuat kami dan tekad untuk merespons dengan tepat setiap penggunaan nuklir DPRK [Democratic People's Republic of Korea/Korut],” kata Pentagon.

AS menegaskan kembali bahwa setiap serangan nuklir oleh Korut terhadap AS atau sekutunya akan mengakibatkan akhir dari rezim Kim. Delegasi Korsel juga mengunjungi fasilitas kapal selam nuklir AS di Georgia untuk melihat aset militer yang dapat digunakan AS melawan Korut, yang bertujuan untuk mencegah Pyongyang melancarkan serangan.