Logo Bloomberg Technoz

Jokowi Beri Tanda Kehormatan kepada Presiden FIFA

Rosmayanti
10 November 2023 15:00

Presiden FIFA, Gianni Infantino saat mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17
Presiden FIFA, Gianni Infantino saat mengumumkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17

Bloomberg Technoz, Jakarta - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi memberikan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama kepada Presiden Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) Giovanni Vincenzo Infantino. Penganugerahan ini didasarkan pada Keppres Nomor 70/TK/Tahun 2023 tentang Penganugerahan Tanda Kehormatan Bintang Jasa Pratama yang ditetapkan di Jakarta pada 7 Agustus 2023.

Jokowi memberikan tanda jasa karena menilai Infantino telah memiliki jasa besar pada bidang olahraga di Indonesia, khususnya sepak bola nasional.

“Sebagai penghargaan atas jasa-jasanya yang besar di suatu bidang atau peristiwa tertentu yang bermanfaat bagi keselamatan, kesejahteraan, dan kebesaran bangsa dan negara, pengabdian dan pengorbanannya di bidang olahraga yang bermanfaat bagi bangsa dan negara, dan atau dharmabakti dan jasanya diakui secara luas di tingkat nasional, serta warga negara asing yang berjasa besar pada bangsa dan negara Indonesia,” bunyi petikan Keppres.

Sebelumnya, Ketua Gelar Tanda Kehormatan (GTK) dan Menteri Koordinator bidang Politik Hukum dan Keamanan, Mohammad Mahfud atau Mahfud MD sudah memberikan informasi Infantino akan mendapatkan Gelar Kehormatan Bintang Budaya. Pemberian gelar pun dilaksanaan pada hari yang sama dengan pembukaan Piala Dunia U-17, yang akan berlangsung Sore nanti.

"Dia dianggap layak berdasarkan diskusi-diskusi yang panjang, bukan diskusi yang instan. Apa [Infantino] yang diberikan, apa yang dilakukan," kata Mahfud.

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)