Logo Bloomberg Technoz

Gas dari Selat Madura Bakal Diserap Freeport & Kawasan Industri

Redaksi
02 November 2023 08:00

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)
Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Perusahaan)

Bloomberg Technoz, Sampang - Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) sektor migas, Husky-CNOOC Madura Limited (HCML) berharap kehadiran smelter PT Freeport Indonesia, termasuk pengembangan kawasan industri baru di Jawa Tengah dapat mengoptimalkan serap produksi gas di Jawa Timur.

Husky-CNOOC adalah salah satu kontraktor migas yang  memiliki wilayah operasi di Selat Madura dengan capaian produksi 251 standar kaki kubik per hari (MMSCFD). Produksi gas milik perusahaan jadi yang terbesar di Jawa Timur.

“Kondisi di Jawa Timur suplai masih di atas demand. Beberapa industri masih dalam pengembangan, termasuk smelter milik Freeport di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE) di Gresik, harapannya bisa menambah [penyaluran gas ke buyer] Jawa Timur,” jelas  Redhata Rangkuti, Well Head Platform (WHP) Superintendent HCML di Sampang, Mandura, Rabu (1/11/2023).

Optimalisasi penjualan gas oleh industri juga dapat ditopang oleh berlanjutnya penyambungan pipa aliran gas, dari Jawa Timur ke Jawa Tengah hingga Jawa Barat. Dengan demikian potensi serapan gas oleh beberapa industri bisa meluas hingga sisi barat.

Produksi gas lepas pantai Husky-CNOOC Madura Limited. (Dok: Pemkab Sumenep)

“Teman-teman ingin sambungan pipa lanjut, Jawa Timur ke Jawa Tengah sudah tersambung, Jateng ke Jabar belum. [Jika tersambung] nanti bisa untuk pembangkit listrik di Jabar dan pabrik Pupuk Kujang,” terang dia.