Logo Bloomberg Technoz

Bos Freeport Soal Lobi Relaksasi Ekspor: Demi Kepentingan Bersama

Mis Fransiska Dewi
25 October 2023 05:53

Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia, Tony Wenas. (Bloomberg Technoz/Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta – Presiden Direktur PT Freeport Indonesia (PTFI) Tony Wenas menyebut perusahaan masih terus melobi pemerintah terkait dengan permintaan relaksasi ekspor konsentrat tembaga melewati tenggat Mei 2024. Namun, sejauh ini belum ada tanda-tanda pemerintah bakal memberikan izin tambahan.

“Ya kami bicara terus dengan pemerintah. Kami sedang berdiskusi terus dengan pemerintah, harapannya ya dikasih dong [perpanjangan izin ekspor konsentrat tembaganya] karena untuk kepentingan semua pihak,” ujarnya saat ditemui di sela BNI Investor Daily Summit 2023, Selasa (24/10/2023) petang.

Tidak hanya melobi relaksasi ekspor konsentrat tembaga, Tony mengatakan Freeport Indonesia juga sudah membuka pembicaraan dengan pemerintah terkait dengan perpanjangan izin usaha pertambangan khusus (IUPK) perseroan selepas 2041.

Namun, dia menolak menjelaskan ihwal kemungkinan pemerintah meminta tambahan porsi kepemilikan saham di PTFI dari posisi saat ini sebesar 51,2% sebagai syarat perpanjangan IUPK.

“Kalau pembicaraan soal itu memang sudah. Masih didiskusikan. Saya belum bisa [mengungkapkan detailnya]. Kalau mau, tanya sama pemerintah. [...] Ini sedang berproses, termasuk berdiskusi,” tuturnya. 

Menteri ESDM Arifin Tasrif bersama Presdir PT Freeport Indonesia Toni Wenas di Smelter Manyar, Gresik. (Dok. Kementerian ESDM)