Logo Bloomberg Technoz

Matahari Department Store Punya Rp 1 T Untuk Buyback Saham

21 February 2023 09:29

Logo Matahari dari salah satu pusat perbelanjaan milik mereka (Dok Matahari.com)
Logo Matahari dari salah satu pusat perbelanjaan milik mereka (Dok Matahari.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) akan melaksanakan pembelian kembali (buyback) saham. Perseroan menyiapkan dana Rp 1 triliun dalam aksi korporasi ini dengan target pelaksanaan maksimal 18 bulan sejak Rapat Umum Pemegang Saham (RUPST) di 29 Maret 2023.

Menurut Miranti Hadisusilo, Corporate Secretary & Legal Director, buyback saham maksimal sebanyak 10% dari modal disetor dan ditempatkan. Buyback akan dilakukan pada Saham Seri C.

“Pelaksanaan pembelian kembali Saham merupakan salah satu bentuk usaha perseroan untuk meningkatkan nilai pemegang saham perseroan sehingga akan memberikan fleksibilitas yang besar kepada perseroan dalam mengelola modal untuk mencapai struktur permodalan yang lebih efisien,” tulis Miranti dalam keterangan tertulisnya, seperti dikutip, Selasa (21/2/2023).

LPPF menerangkan, harga pembelian kembali saham akan mengacu pada ketentuan. Aksi buyback juga akan dilakukan baik melalui Bursa atau di luar Bursa dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Pelaksanaan pembelian kembali Saham diharapkan tidak akan memengaruhi kegiatan usaha dan operasional perseroan dikarenakan perseroan telah memiliki modal kerja yang cukup untuk menjalankan kegiatan usaha,” terangnya.

Data YoY pergerakan saham LPPF. (Dok Bloomberg)
Pada awal perdagangan Selasa pagi, saham LPPF melonjak 175 poin atau 3,37% menjadi Rp 5.375/lembar dibandingkan harga sebelumnya Rp 5.200/lembar. LPPF diperdagangkan sebanyak 533 ribu lembar dengan nilai Rp 2,85 miliar pada 30 menit perdagangan di Bursa Efek Indonesia (BEI) hari ini.