Logo Bloomberg Technoz

Adaro Energy Siapkan Dana Rp 4 T untuk Buyback

Whery Enggo Prayogi
15 February 2023 08:51

Gedung Perkantoran Adaro (Sumber Website Perusahaan)
Gedung Perkantoran Adaro (Sumber Website Perusahaan)


Bloomberg 
- PT Adaro Energy Indonesia Tbk (ADRO) menyiapkan dana Rp 4 triliun dalam rangka rencana pembelian kembali (buyback) saham. Sumber dana diambil dari kas internal.

Dalam pengumuman tertulis Adaro Energy, seperti disampaikan Mahardika Putranto, Sekretaris Perusahaan, seperti dikutip Rabu (15/2/2023), buyback akan dilakukan dalam periode tiga bulan sejak 15 Februari tahun ini.

Perseroan menegaskan memiliki modal dan arus kas yang baik dalam membiayai aksi korporasi pembelian kembali saham ADRO. Kondisi modal juga cukup untuk melaksanakan seluruh kegiatan usaha operasional juga belanja modal.

Hal ini sesuai aturan dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan (POJK) No. 2/2013 dan SEOJK No. 3/2020, dimana jumlah saham yang akan dibeli kembali tidak akan melebihi 20% dari modal disetor, dengan batasan paling sedikit saham yang beredar adalah 7,5%  dari modal disetor.

Pada 2021 perseroan juga melakukan aksi buyback sebanyak empat kali, sejak 16 September hingga 16 Desember. Total pembelian kembali sebesar 1 miliar lembar saham atau setara 3,13% dari modal yang ditempatkan dan disetor penuh. Saat itu buyback dilakukan dalam kondisi pasar yang berfluktuasi secara signifikan berdasarkan POJK 2/2013.