Logo Bloomberg Technoz

Bank BRI Buyback Saham Sebesar Rp 1,5 T

Muhammad Julian Fadli
03 February 2023 15:08

Bank Rakyat Indonesia (BRI). (dok. BRI)
Bank Rakyat Indonesia (BRI). (dok. BRI)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI) berencana melakukan pembelian kembali atau buyback saham sebesar Rp 1,5 triliun. 

Berdasarkan keterbukaan informasi Bank BRI kepada BEI pada Jumat (3/2/2023), aksi ini merupakan program kepemilikan saham pekerja dan direksi atau komisaris Perseroan. Implementasi buyback akan tuntas maksimal 18 bulan setelah tanggal Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) yang dilakukan pada 13 Maret 2023. Artinya periode buyback berkisar pada 14 Maret 2023 - 14 September 2024.

Buyback diyakini tidak akan berdampak negatif secara material terhadap kegiatan usaha perseroan. Dalam hal ini, modal kerja, cash flow dan Capital Adequacy Ratio (CAR) perseroan cukup untuk pembiayaan buyback bersamaan dengan kegiatan usaha perseroan,” tulis manajemen BBRI.

Pada 2022 Bank BRI telah melaksanakan buyback dan telah selesai dilaksanakan pada 26 Januari 2023. Saham hasil buyback pada 2022 sebagian telah dialihkan untuk program kepemilikan saham direksi dan komisaris secara bertahap.

Buyback dilaksanakan dalam rangka program kepemilikan saham. Program tersebut telah berhasil meningkatkan engagement pekerja terhadap keberlanjutan peningkatan kinerja Perusahaan secara jangka panjang.