Logo Bloomberg Technoz

Cara Orang China Diam-diam Pindahkan Kekayaan ke Luar Negeri

News
09 October 2023 13:30

Kota di China (Sumber: Bloomberg)
Kota di China (Sumber: Bloomberg)

Lulu Yilun Chen - Bloomberg News

Bloomberg, Apakah Anda mau mempercayakan semua tabungan anda ke sekelompok orang yang hanya anda kenal melalui group Whattsap? Sejumlah warga kaya raya China ternyata mau mengambil risiko itu agar bisa melarikan sebagian dari kekayaan mereka keluar dari wilayah negara itu.

Salah satunya adalah Phoebe yang berusia 32 tahun. Dia baru saja memindahkan dana miliknya berjumlah US$137.000 (Rp2,2 miliar) ke rekening bank perantara lokal. Kemudian, Phoebe, bukan nama sebenarnya, pun menunggu dengan hati berdebar.

Beberapa jam kemudian, muncul hasil transaksi pemindahan dana itu ke rekening bank miliknya di Hong Kong. Wilayah yang kini sudah tidak lagi memiliki kebebasan politik itu masih memiliki posisi unik dalam ekosistem keuangan China karena merupakan satu-satunya bagian China yang memiliki akses tak terbatas ke pasar kapital global. Uang yang sudah masuk ke rekening bank Hong Kong bisa dipindahkan ke mana pun.

Proyeksi Warga China yang Pindah ke Negara Lain (Bloomberg)

Dana yang muncul di rekening bank Hong Kong milik Phoebe ini berasal dari 10 orang berbeda, salah satunya mentransfer dana senilai US$1.300 dari ATM.