Logo Bloomberg Technoz

Erick Thohir: Kinerja BUMN di Bursa Kalahkan Perusahaan Swasta

Tara Marchelin
13 February 2023 17:04

Rapat Kerja Menteri BUMN Erick Thohir bersama Komisi VI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)
Rapat Kerja Menteri BUMN Erick Thohir bersama Komisi VI. (Bloomberg Technoz/ Andrean Kristianto)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Erick Thohir, mengungkapkan kinerja perusahaan BUMN kerap dipandang sebelah mata dan dibandingkan oleh perusahaan swasta. Padahal, kinerja perusahaan BUMN yang sahamnya tercatat di pasar modal Indonesia terbukti melebihi kinerja perusahaan swasta. 

“Kadang ada pernyataan, ‘BUMN dibandingkan private sector, kurang lah’. Ini bisa kita buktikan, BUMN selama 3 tahun terakhir kinerjanya di bursa pun bisa lebih baik daripada sektor swasta,” kata Erick dalam rapat kerja dengan Komisi VI DPR RI, Senin (13/2/2023). 

Dalam rapat tersebut, Erick Thohir memaparkan, deviden kumulatif BUMN tahun lalu mencapai 9,8%, sementara perusahaan swasta hanya mencapai 4,9%. Erick juga membandingkan capital gain BUMN sepanjang 2022 sebesar 8,2%. Bandingkan dengan  perusahaan swasta yang hanya mencapai 5,9%.

“Artinya, ketika orang berinvestasi  di perusahaan BUMN bisa mendapatkan pemasukan dari devidennya. Makanya ketika kemarin ada acara di bursa, banyak BUMN dapat  penghargaan. Ini fakta bahwa persepsi di publik bahwa investasi di BUMN bisa dipertanggungjawabakan seperti private sector,” ungkapnya. 

Erick Thohir menjelaskan, selama 2022, terjadi peningkatan kinerja keuangan konsolidasi BUMN. Berdasarkan data dari laporan keuangan yang belum teraudit, laba bersih konsolidasi BUMN naik sebesar Rp 179 triliun menjadi Rp 303,7 triliun, dari Rp 125 triliun pada 2021. Pendapatan konsolidasi BUMN juga meningkat dari Rp 2.292 triliun menjadi Rp 2.613 triliun di 2022.