Logo Bloomberg Technoz

Libur Panjang, Pendapatan Pariwisata China Capai Rp731 T

News
03 October 2023 11:40

Penampakan kota besar di China (Bloomberg)
Penampakan kota besar di China (Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Golden Week di China dimulai dengan awal yang menggembirakan, karena jumlah perjalanan wisatawan dan pendapatan melonjak pada awal liburan. Hal ini menunjukkan bertumbuhnya minat berlibur masyarakat.

Dilaporkan media pemerintah CCTV, mengutip data dari Kementerian Kebudayaan dan Pariwisata, pendapatan dari sektor pariwisata mencapai 342,24 miliar yuan atau setara Rp731 triliun dalam tiga hari menjelang festival pertengahan musim gugur dan perayaan Hari Nasional. Ini merupakan lonjakan sebesar 125% dibandingkan tahun sebelumnya. Perjalanan wisatawan domestik mencapai 395 juta, meningkat 76% secara tahunan.

Data transportasi beberapa hari pertama "menunjukkan permintaan yang baik sejauh ini," tulis ekonom di Citigroup Inc., merujuk pada data perjalanan kereta api dan maskapai penerbangan dari Kementerian Transportasi.

Data awal menunjukkan pemulihan permintaan yang kuat dibandingkan dengan tahun 2022, ketika negara ini masih menghadapi pembatasan saat pandemi yang paling ketat di dunia. Hal ini juga merupakan berita baik bagi perekonomian China, yang tengah mengalami pemulihan yang rapuh dan tidak pasti, dan kemungkinan memerlukan lebih banyak dukungan kebijakan untuk menghidupkan kembali keyakinan dunia usaha dan pengeluaran.