Logo Bloomberg Technoz

KCIC Dorong Pakai Alih Teknologi Lokal di Proyek KCJB

Dovana Hasiana
13 September 2023 20:50

Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (DOK. KCIC)
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB). (DOK. KCIC)

Bloomberg Technoz, Jakarta - PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) mendorong keterlibatan lebih banyak tenaga kerja lokal dalam mega proyek Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB).

Direktur Utama KCIC, Dwiyana Slamet Riyadi mengatakan, proses ahli teknologi dan pengetahuan dari tenaga kerja asing (TKA) asal China ke tenaga kerja Indonesia tengah dilakukan. 

Menurutnya, wajar bila Indonesia menyerahkan kepada China Railway dan lebih banyak keterlibatan dari TKA. Sebab, KCJB merupakan proyek kereta cepat pertama di Indonesia dan sepenuhnya menggunakan teknologi China. 

“Kan teknologi kereta api cepat pertama di Indonesia, kemudian 100% teknologi tiongkok diimplementasikan di Indonesia, jadi wajar kalau kita pertama kali menyerahkan kepada pihak China Railway,” ujar Dwiyana saat ditemui di Stasiun Halim KCJB, Rabu (13/9/2023). 

Namun, proses alih pengetahuan dan teknologi terus berjalan secara bertahap. KCIC selama satu tahun terakhir pun telah menyiapkan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan.