Logo Bloomberg Technoz

Diresmikan 1 Oktober, Kereta Cepat Masih Terkendala Sertifikasi

Dovana Hasiana
13 September 2023 17:20

Ilustrasi Kereta Cepat (Bloomberg Technoz)
Ilustrasi Kereta Cepat (Bloomberg Technoz)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Kementerian Perhubungan (Kemenhub) mengatakan Kereta Cepat Jakarta Bandung (KCJB) bisa beroperasi pada 1 Oktober 2023. Hal ini dikonfirmasi oleh Direktur Jenderal Perkeretaapian Kemenhub Risal Wasal.

“Fix (1 Oktober), Insya Allah,” ujar Risal saat ditemui di Stasiun Halim KCJB, Rabu (13/9/2023). 

Hal senada juga disampaikan Juru Bicara Kemenhub, Adita Irawati. Dia mengatakan saat ini pihaknya memang merencanakan pengoperasian KCJB pada 1 Oktober.

Namun demikian, Adita mengungkap beberapa hal yang harus dipenuhi oleh PT Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) sebagai operator.  Dia mengatakan peresmian dan pengoperasian pada 1 Oktober tersebut pun bergantung pada proses sertifikasi dan pengujian yang masih dijalankan hingga saat ini. Nantinya, Kemenhub sebagai regulator juga akan mengeluarkan sertifikasi melalui Direktorat Jenderal Perkeretaapian (DJKA). 

“Ya, saat ini memang kita merencanakan 1 Oktober bisa diresmikan, tetapi memang semua akan sangat bergantung pada proses sertifikasi uji-uji yang masih terus berjalan hingga sekarang dan juga sertifikasi yang nanti akan dikeluarkan oleh Kemenhub lewat DJKA,” ujar Adita saat ditemui di Stasiun Halim KCJB, Rabu (13/9/2023).