Logo Bloomberg Technoz

Komponen Buatan Barat Ditemukan di Balon Mata-mata China

News
10 February 2023 09:39

Tim Angkatan Laut AS memgangkat balon pengintai di lepas pantai Pantai Myrtle, S.C., Minggu (5/2/2023). (U.S. Navy/Thompson)
Tim Angkatan Laut AS memgangkat balon pengintai di lepas pantai Pantai Myrtle, S.C., Minggu (5/2/2023). (U.S. Navy/Thompson)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Komponen buatan barat dengan tulisan berbahasa Inggris ditemukan pada balon mata-mata China yang ditembak jatuh oleh Amerika Serikat (AS) beberapa waktu lalu.

Mengutip Bloomberg News, hal ini disampaikan kepada seorang anggota Kongres AS di Capitol Hill Kamis (09/02/2023), menurut beberapa sumber yang mengetahui perihal tersebut.

Pejabat pemerintah AS memberi tahu anggota parlemen tentang hal tersebut dalam sebuah pertemuan tertutup. Pejabat yang hadir di antaranya perwakilan dari Departemen Pertahanan serta komunitas intelijen.

Belum jelas komponen mana yang dimaksud dan apakah tulisan berbahasa Inggris itu ditemukan sebelum balon ditembak jatuh atau ditemukan di reruntuhan sesudahnya.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional AS menolak berkomentar. Departemen Pertahanan AS juga tidak segera menanggapi permintaan komentar.

Tim Angkatan Laut AS bersiap untuk mengevakuasi balon pengintai di lepas pantai Pantai Myrtle, S.C., Minggu (5/2/2023). (U.S. Navy/Thompson)