Logo Bloomberg Technoz

Nomenklatur Isa Almasih akan Berubah Jadi Yesus di Libur Nasional

Dovana Hasiana
12 September 2023 13:50

Menko PMK Muhadjir Effendy, Menaker Ida Fauziyah, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas dan Wamenag Saiful Rahmat (Bloomberg Technoz/Dovana)
Menko PMK Muhadjir Effendy, Menaker Ida Fauziyah, MenPAN-RB Abdullah Azwar Anas dan Wamenag Saiful Rahmat (Bloomberg Technoz/Dovana)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Pemerintah telah menetapkan 27 hari libur nasional dan cuti bersama pada tahun 2024. Menariknya, pada tahun ini pemerintah akan mengubah nomenklatur atau termonologi yang umum digunakan yakni Isa Almasih menjadi Yesus Kristus untuk penamaan hari libur nasional.

"Akan ada perubahan nomenklatur atas usulan dari Kementerian Agama terkait dari istilah yaitu Isa Almasih akan diubah menjadi Yesus Kristus," ujar Menko Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK) Muhadjir Effendy dalam konferensi pers di kantor Kemenko PMK, Jakarta pada Selasa (12/9/2023).

Untuk itu, Muhadjir mengatakan, Kementerian Agama akan mengusulkan ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk menerbitkan peraturan presiden (perpres) ihwal hal tersebut. 

“Untuk itu Kemenag akan mengusulkan usulan Perpres perubahan nomenklatur yang dimaksud,” lanjutnya. 

Ketika ditanya lebih lanjut ihwal penyebab perubahan nomenklatur tersebut, Wakil Menteri Agama Saiful Rahmat Dasuki mengatakan, perubahan nomenklatur memang telah menjadi usulan dari umat Kristen dan Katolik. Pemerintah kemudian menerimanya.  

Artikel Terkait