Logo Bloomberg Technoz

Menakar Hasil Merger, Simak Kinerja XL Axiata dan Smartfren

Muhammad Julian Fadli
06 September 2023 17:50

Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)
Ilustrasi Smartfren. (Dok. Smartfren)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Malaysia, Axiata Group Bhd. dan grup konglomerasi Indonesia, Sinar Mas Group, menghidupkan kembali pembicaraan yang dapat mengarah pada penggabungan operasi telekomunikasi mereka di Indonesia, menurut beberapa sumber yang mengetahui hal tersebut.

Pemilik XL Axiata (EXCL) dan Smartfren Telecom (FREN) dikabarkan sudah membicarakan ini dengan advisor untuk membantu penjajakan potensi transaksi, kata orang-orang yang tidak mau disebutkan namanya karena masalah ini bersifat pribadi, seperti yang diwartakan Bloomberg News.

Opsi-opsi lain yang sedang dipertimbangkan adalah perjanjian berbagi jaringan dan kemitraan. Pembicaraan masih dalam tahap awal dan belum ada kepastian bahwa kesepakatan apapun akan terjadi, kata orang-orang tersebut.

Pembicaraan terbaru antara Axiata dan Sinar Mas (Smartfren) akan mengikuti upaya-upaya lain yang sempat gagal pada tahun-tahun sebelumnya, menurut beberapa sumber yang mengetahui hal tersebut.

Kinerja Fundamental XL Axiata dan Smartfren

Pada semester I-2023 kinerja laba bersih PT XL Axiata Tbk (EXCL) tercatat meningkat 5,81% secara tahunan menjadi Rp650,68 miliar. Hal ini efek secara langsung dari peningkatan pendapatan Perseroan.