Logo Bloomberg Technoz

Buka KTT ASEAN, Jokowi Gaungkan Persatuan Kawasan

Pramesti Regita Cindy
05 September 2023 12:15

Pemimpin Negara ASEAN pada acara pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. (Dok. Kemenlu)
Pemimpin Negara ASEAN pada acara pembukaan KTT ASEAN ke-43 di Jakarta. (Dok. Kemenlu)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Indonesia resmi menggelar KTT ke-43 di Jakarta Convention Center (JCC), Selasa (5/9/2023). Acara ini dibuka dengan penampilan paduan suara oleh Githa Bumi Voice menyanyikan lagu ASEAN anthem dan dilanjutkan penampilan persembahan tari dan nyanyian berjudul Epicentrum of Growth.

Dalam pembukaan, Presiden Joko Widodo atau jokowi memberikan sambutan yang mengungkap persatuan dan ikatan antarnegara ASEAN. “Saya yakin tidak hanya Indonesia tapi seluruh negara anggota ASEAN memiliki rasa kebanggaan yang sama memiliki rasa kecintaan yang sama terhadap keluarga yang kita beri nama ASEAN,” kata dia, Selasa (5/9/2023).

Menurut Jokowi, persatuan ASEAN masih terjalin dengan baik, meski belakangan isu konflik di Myanmar menjadi tantangan bagi kawasan Asia Tenggara. Setiap negara ASEAN, kata dia, memang memiliki tanggung jawab besar bagi rakyatnya untuk memastikan perwujudan perdamaian hingga kemakmuran bersama.

“ASEAN sebagai kapal besar memiliki tanggung jawab yang juga besar pada ratusan juta jiwa rakyat yang berlayar bersama di dalamnya. kita harus jadi nahkoda di kapal kita sendiri untuk mewujudkan perdamaian, mewujudkan stabilitas, mewujudkan kemakmuran bersama,” ujar Jokowi.

Sebagai kawasan Indo-Pasifik, ASEAN juga terus menjalin kerja sama melalui pendekatan inklusif dengan beberapa secretariat Pacific Island Forum (PIF) dan Indian Ocean Rim Association (IORA).