Logo Bloomberg Technoz

Mereka harus membayar gabungan kupon obligasi dolar AS senilai US$22,5 juta dalam masa tenggang yang berakhir pada 5-6 September atau berisiko gagal bayar. Pasar terkejut ketika tenggat waktu pembayaran tersebut terlewati bulan lalu, dengan obligasi junk dollar Tiongkok—yang sebagian besar diterbitkan oleh perusahaan konstruksi—jatuh ke level terendah tahun ini.

Country Garden tidak segera memberikan komentar ketika dihubungi setelah jam kerja.

Dipimpin oleh salah satu wanita terkaya di Tiongkok, Yang Huiyan, perusahaan pembangun ini penting bagi perekonomian negara karena ukurannya yang besar, dengan lebih dari 3.000 proyek perumahan di kota-kota kecil dan sekitar 70.000 karyawan.

Status tersebut telah memberikan Country Garden kekuatan untuk menahan krisis uang tunai industri yang menyebabkan rekor gagal bayar sejak China Evergrande Group pertama kali melewatkan pembayaran obligasi pada tahun 2021.

Namun kemerosotan industri mengancam rentetan kegagalan tersebut. Kegagalan apa pun yang terjadi di Country Garden, yang kini merupakan perusahaan konstruksi terbesar keenam di Tiongkok berdasarkan penjualan terkontrak, memiliki risiko dampak yang lebih buruk dibandingkan Evergrande karena mereka telah melipatgandakan proyek propertinya.

Sebelumnya pada hari Jumat, dua pemegang obligasi yuan Country Garden mengatakan mereka telah menerima bunga. Rencana perpanjangan pokok yang diusulkan perusahaan tidak melibatkan pembayaran kupon yang jatuh tempo secara efektif pada hari Senin.

Pengembang baru-baru ini membukukan kerugian bersih yang belum pernah terjadi sebelumnya sebesar 48,9 miliar yuan pada paruh pertama tahun ini dan memperingatkan kemungkinan gagal bayar.

Pengembang sektor swasta Tiongkok seperti Country Garden sedang bergulat dengan krisis yang belum pernah terjadi sebelumnya, setelah upaya pemerintah untuk membatasi pertumbuhan yang dipicu oleh utang dan spekulasi perumahan yang menyebabkan krisis uang tunai.

Para pejabat telah melakukan berbagai upaya untuk meningkatkan permintaan pasar properti – yang bersama dengan industri terkait menyumbang sekitar 20% perekonomian. Dalam beberapa hari terakhir, pihak berwenang mengumumkan stimulus baru untuk sektor properti yang terkepung.

Masalah yang dihadapi Country Garden semakin parah dalam beberapa bulan terakhir karena perusahaan ini mengurangi kewajiban obligasi sebesar US$2,9 miliar pada sisa tahun ini. Sementara itu, penjualan teratribusi hingga Juli turun 35%.

(bbn)

No more pages