Logo Bloomberg Technoz

Aktivitas Pabrik China Mulai Bangkit, Cek Fakta-fakta Berikut Ini

News
01 September 2023 12:50

Ilustrasi manufaktur China (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi manufaktur China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg News

Bloomberg, Survei Caixin mengenai aktivitas manufaktur China menunjukkan hasil yang tak terduga pada Agustus, yang menambah tanda-tanda menggembirakan bahwa kemerosotan di sektor ini mungkin mendekati usai.

Indeks manajer pembelian manufaktur Caixin naik menjadi 51 bulan lalu, pembacaan tertinggi sejak Februari, dan jauh di atas estimasi para ekonom. Indeks ini berada di atas angka 50 yang menunjukkan ekspansi aktivitas pabrik setelah kontraksi pada Juli.

Data ini menambah bukti sementara bahwa kebijakan China yang ditargetkan untuk membantu ekonomi mulai memberikan efek. Adapun data ini muncul setelah langkah-langkah yang dilakukan oleh Beijing pada Kamis (31/08/2023) untuk memperkuat pasar properti.

Sementata itu, data PMI manufaktur resmi yang dirilis pada Kamis menunjukkan kontraksi aktivitas mulai mereda di bulan Agustus karena pesanan baru dan produksi meningkat. Survei Caixin lebih banyak meliputi bisnis yang lebih kecil dan berorientasi ekspor di China dibandingkan dengan PMI resmi.

Perbandingan survei Caixin dan data resmi manufaktur China (Sumber: Bloomberg)