Logo Bloomberg Technoz

Maskapai Korea Utara Terbang Perdana Sejak Covid ke China

News
22 August 2023 15:45

Ilustrasi bendera China dan Korea Utara. (Sumber: Bloomberg)
Ilustrasi bendera China dan Korea Utara. (Sumber: Bloomberg)

Jon Herskovitz - Bloomberg News

Bloomberg, Maskapai penerbangan Korea Utara (Korut) akan melakukan perjalanan internasional pertama sejak pandemi Covid-19. Langkah ini merupakan tanda pelonggaran pembatasan di Korut yang dapat memulangkan warga negaranya yang terjebak di luar negeri, dan meningkatkan perdagangan dengan negara-negara tetangga yang kuat.

Data penerbangan menunjukkan bahwa pesawat penumpang Air Koryo terbang dari Pyongyang ke Beijing pada Selasa (22/8/2023). Ini merupakan penerbangan komersial pertama dalam lebih dari tiga tahun.

Kementerian Luar Negeri China mengatakan negaranya pekan ini telah memberikan izin untuk penerbangan tersebut. Diberitakan oleh NK News, Air Koryo juga akan mengoperasikan penerbangan lain pada Jumat (25/8/2023) dan Senin pekan depan (28/8/2023), dari Vladivostok menuju Pyongyang.

Sebelumnya, Presiden Korut Kim Jong Un menutup perbatasan pada awal pandemi di tahun 2020. Langkah tersebut telah menghentikan perdagangan legal dalam jumlah kecil yang dilakukan oleh negaranya, yang sedang mendapat sanksi berat.