Logo Bloomberg Technoz

Terseret China, Pasar Ponsel Dunia Terburuk dalam 10 Tahun

News
17 August 2023 15:35

Ilustrasi iPhone milik Apple Inc. (Dok: Bloomberg)
Ilustrasi iPhone milik Apple Inc. (Dok: Bloomberg)

Vlad Savov - Bloomberg News

Bloomberg, Pengiriman ponsel di dunia menuju tahun terburuknya dalam lebih dari satu dekade atau 10 tahun akibat ketidakpastian ekonomi yang berlarut-larut di China dan negara-negara lain yang berdampak pada belanja konsumen.

Diperkirakan pengiriman akan turun 6% secara tahunan menjadi 1,15 miliar unit ponsel pada 2023, demikian berdasarkan perkiraan terbaru dari Counterpoint Research. Hal ini disebabkan oleh perekonomian China yang memburuk, dengan terjadinya deflasi, dan permintaan yang mengecewakan di AS.

"Asia menjadi salah satu hambatan utama bagi pertumbuhan positif, karena hambatan ekonomi menghentikan pemulihan ekonomi yang diantisipasi untuk China," kata laporan tersebut. Sementara di Amerika Utara, "konsumen ragu untuk mengganti atau meng-upgrade perangkat mereka dengan yang baru."

Apple Inc. dipandang relatif siap menghadapi penurunan ini. iPhone dijadwalkan untuk siklus upgrade yang signifikan pada paruh kedua tahun ini. Sementara merek-merek China seperti Xiaomi Corp. dan Oppo harus bersaing untuk pelanggan setiap kali merilis perangkat baru, Apple mendapat keuntungan dari ratusan juta pengguna yang hanya akan meningkatkan dalam ekosistem perangkat kerasnya.