Logo Bloomberg Technoz

Kinerja Tencent Mengecewakan, Warning ke Sektor Teknologi China

News
17 August 2023 12:15

Tencent Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)
Tencent Holdings Ltd. (Dok: Bloomberg)

Zheping Huang – Bloomberg News

Bloomberg, Pendapatan Tencent Holdings Ltd. meleset dari perkiraan, ini menandakan pemulihan yang tidak merata pada industri internet terbesar di dunia itu karena bergulat dengan meningkatnya gejolak ekonomi China dan sentimen konsumen yang lemah.

Perusahaan terbesar di negara itu melaporkan kenaikan pendapatan 11% yang lebih rendah dari perkiraan setelah penjualan dari divisi utama termasuk game dan layanan cloud jauh dari proyeksi. Iklan online melonjak 34% tercepat dalam hampir lima tahun sebagian karena perubahan algoritmik dan karena bisnis ini melempem tahun lalu akibat Covid-19.

Sahamnya merosot sebanyak 2,5% di Hong Kong, penurunan terbesar mereka dalam waktu sekitar dua minggu. Hasil yang kurang memuaskan menimbulkan keraguan atas perbaikan kinerja setelah tahun lalu perusahaan sektor ini mulai dari Tencent hingga Alibaba Group Holding Ltd. hampir tidak tumbuh pada tahun 2022.

Penjualan saham Tencent oleh investor China daratan. (Sumber: Bloomberg)

"Ya, ekonomi tidak pasti dan bisnis tidak pasti selama beberapa tahun terakhir. Hal itu tidak pasti pada paruh pertama tahun ini, dan kami dapat tumbuh melalui itu dan kami yakin kami akan terus tumbuh dan maju seiring dengan peningkatan laba atas investasi bagi pengiklan," kata Chief Strategy Officer James Mitchell dikutip dari Bloomberg News, Kamis (17/8/2023).