Logo Bloomberg Technoz

PUPR Gelontorkan Rp100 M Renovasi Stadion Piala Dunia U-17

Sultan Ibnu Affan
09 August 2023 17:00

Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)
Jakarta International Stadium (Dok. PT Jakarta Propertindo)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimoeljono bakal mengeluarkan anggaran hingga Rp100 miliar untuk merenovasi empat stadion perhelatan Piala Dunia U-17, November-Desember 2023. Empat stadion tersebut yakni Jakarta Internasional Stadium (JIS), Stadion Manahan Solo, Stadion Si Jalak Harupat Bandung, dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya.

"Kira-kira nggak lebih dari 100 miliar," kata Basuki di Kantornya, Jakarta, Rabu (9/8/2023).

Dari sisi lapangan, kata dia, Stadion Manahan Solo sudah dalam kondisi yang sudah sesuai dengan standard FIFA. Sedangkan Stadion Si Jalak Harupat Bandung dan Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya baru saja menyelesaikan proses penjahitan rumput atau pitch stiching.

Berdasarkan inspeksi FIFA, menurut Basuki, pemerintah memang harus menjahit rumput pada lapangan JIS agar lebih memenuhi standard internasional. 

Selain itu, kata dia, pemerintah akan menambah sejumlah infrastruktur baru sebagai perkuatan akses menuju JIS. Menurut FIFA, ada potensi masalah bagi penonton yang keluar dari stadion karena akan menumpuk pada satu akses jalan saja.