Logo Bloomberg Technoz

Ada JIS, PSSI Ajukan 4 Stadion untuk Piala Dunia U-17

Dovana Hasiana
09 August 2023 15:50

Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)
Presiden FIFA Gianni Infantino dan Ketum PSSI Erick Thohir (FIFA.com)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) akhirnya mengajukan empat stadion untuk menjadi tempat perhelatan Piala Dunia U-17, November-Desember 2023. Keputusan ini disampaikan kepada Federasi Sepak Bola Dunia atau FIFA saat peninjauan langsung ke delapan stadion yang sempat menjadi calon venue, pada 28 Juli-2 Agustus lalu. 

Salah satu stadion yang disetujui adalah Jakarta International Stadium (JIS) yang sempat menjadi polemik dalam beberapa pekan terakhir. Pemerintah tetap mengajukan stadion buatan era mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan meski disebut tak memenuhi standard FIFA.

Selain JIS, PSSI juga mengajukan Stadion Manahan di Solo, Jawa Tengah; Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Jawa Timur; dan Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, Jawa Barat.

"FIFA sendiri akan mendiskusikan usulan kita," kata Ketua Umum PSSI, Erick Thohir di Kementerian PUPR, Rabu (9/8/2023).

Menurut dia, PSSI juga mengajukan usulan penggunaan stadion selama laga Piala Dunia U-17. JIS dan Stadion Si Jalak Harupat rencananya akan menjadi lokasi pertandingan bagi tim-tim yang berada pada dua dari empat grup. Stadion Manahan dan Stadion Gelora Bung Tomo masing-masing akan menjadi lokasi pertandingan satu grup.