Logo Bloomberg Technoz

Rupiah Bisa Melemah Lagi Hari Ini ke Rp15.238/US$: Teknikal

Muhammad Julian Fadli
09 August 2023 08:27

Ilustrasi Rupiah (Sumber: Bank Indonesia)
Ilustrasi Rupiah (Sumber: Bank Indonesia)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Nilai tukar rupiah masih menghadapi risiko pelemahan lebih lanjut dengan target koreksi menuju area level Rp15.238/US$ yang merupakan support terdekat sampai dengan Rp15.274/US$.

Apabila level support itu jebol, rupiah berpotensi melanjutkan pelemahan ke area pesimisnya pada level Rp15.305/US$ sebagai support terkuatnya.

Sebaliknya, bila rupiah mendapat dukungan sentimen penguat, resistance menarik dicermati pada level Rp15.180/US$ dan resistance selanjutnya Rp15.138/US$ dalam tren jangka menengah.

Analisis Teknikal Nilai Rupiah Rabu 9 Agustus (Divisi Riset Bloomberg Technoz)

Mata uang Indonesia rupiah sepertinya belum bisa lolos sepenuhnya dari tekanan yang membebani peluang penguatan kendati sinyal dovish mulai banyak dilempar oleh pejabat Federal Reserve, bank sentral Amerika Serikat.

Kejatuhan yuan China akibat kinerja perdagangan Negeri Panda yang semakin mempertegas pelemahan ekonomi negeri itu, memberatkan pamor valuta Asia termasuk rupiah. Para pelaku pasar global menunggu data inflasi China yang mungkin akan memberikan gambaran lebih jauh seberapa berat tantangan pemulihan perekonomian negeri dengan ukuran ekonomi terbesar kedua di dunia tersebut.