Logo Bloomberg Technoz

Balon Mata-mata China Ditembak Jatuh F-22 AS, Ini Penjelasannya

News
06 February 2023 08:19

Balon mata-mata di AS yang dicurigai milik China (Sumber: Bloomberg)
Balon mata-mata di AS yang dicurigai milik China (Sumber: Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Setelah melayang di Amerika Serikat (AS) selama beberapa hari, balon mata-mata yang dicurigai milik China ditembak jatuh oleh pesawat tempur F-22 milik AS pada Sabtu (04/02/2023).

Bloomberg News memaparkan apa saja yang diketahui sejauh ini tentang penembakan balon tersebut:

Apa itu balon mata-mata?

Balon mata-mata adalah alat yang murah, tenang, dan sulit dijangkau. Balon telah lama digunakan untuk tujuan pengintaian, termasuk dalam konflik seperti Perang Saudara Amerika. Praktik ini tersebar luas selama Perang Dunia I dan digunakan secara luas selama Perang Dingin, ketika AS meluncurkan ratusan balon untuk mengumpulkan intelijen di Uni Soviet dan China.

Meski penggunaannya telah menurun dengan munculnya drone dan satelit nirawak, banyak negara masih menggunakan balon mata-mata. Bahkan AS sendiri sedang memperluas investasi di balon udara ketinggian tinggi, menurut laporan media AS Politico tahun lalu. Balon modern memiliki kemampuan tidak hanya menangkap gambar tetapi juga menghambat komunikasi.tico tahun lalu. Balon modern memiliki kemampuan tidak hanya menangkap gambar tetapi juga menghambat komunikasi.

Apa yang kami ketahui tentang balon yang ditembak jatuh di AS?

Menurut pejabat pertahanan AS, balon tersebut memiliki muatan seukuran beberapa bus. Balon ini pertama kali masuk ke wilayah udara AS pada 28 Januari, di utara Kepulauan Aleutian di Alaska. Balon itu melakukan perjalanan ke timur melintasi bagian utara negara bagian itu, lalu ke ujung barat laut wilayah udara Kanada pada 30 Januari. Balon itu kemudian berayun ke selatan dan kembali ke AS, tepatnya di Idaho utara pada 31 Januari.