Logo Bloomberg Technoz

FTX Bangkrut, Begini Cara Penyelesaian Dana Investor & Pelanggan

News
01 August 2023 13:30

Ilustrasi FTX. (dok Bloomberg)
Ilustrasi FTX. (dok Bloomberg)

Jeremy Hill - Bloomberg News

Bloomberg, FTX Group menyampaikan rancangan rencana pembayaran kepada kreditur sebagai bagian dari proposal pailit dan upaya menyelesaikan klaim pelanggan secara tunai dan menghapus token digital FTT. 

Rencana tersebut, yang diharapkan akan diubah oleh FTX berdasarkan masukan dari para pemangku kepentingan, mengusulkan untuk menilai klaim pelanggan dalam dolar Amerika Serikat pada tanggal kebangkrutan dan membayar dengan cara menjual aset yang terkait dengan berbagai silo bisnis, demikian ditunjukkan oleh dokumen pengadilan. FTX juga masih belum mengesampingkan memulai kembali bursa luar negeri, menurut pengajuan tersebut. 

Tiga yang disebut kumpulan pemulihan akan menjadi pemandu pembayaran kreditor. Mereka termasuk aset yang terkait dengan pelanggan FTX.com, aset yang terkait dengan pelanggan FTX AS dan aset yang tidak secara jelas terkait dengan bursa, dokumen pengadilan menunjukkan. Hampir setiap kelas kreditur yang diusulkan dianggap mengalami penurunan nilai, yang berarti perusahaan mengharapkan mereka tidak akan dibuat utuh.

Rencana tersebut menyerukan untuk tidak memberikan pemulihan pada akun token FTT karena "karakteristiknya yang mirip ekuitas," tulis penasihat FTX dalam pengajuannya. Ekuitas hampir selalu dihapuskan dalam reorganisasi kebangkrutan AS. 

Rencana FTX