Logo Bloomberg Technoz

FTX menekankan bahwa rencana tersebut masih dalam tahap awal dan dapat berubah. Rancangan tersebut menyerukan untuk mengizinkan tujuh kelas kreditor untuk memberikan suara pada rencana tersebut, termasuk pelanggan FTX.com, pelanggan FTX AS, dan pemegang token yang tidak dapat dipertukarkan. 

"Kami senang hari ini dapat memenuhi komitmen kami untuk mengajukan rencana pada tahap yang relatif awal ini," kata Chief Restructuring Officer FTX John J. Ray III dalam sebuah pernyataan. Perusahaan bermaksud untuk berkolaborasi dengan para kreditur dalam beberapa bulan mendatang dan mengajukan rencana yang telah diubah pada kuartal keempat tahun ini, katanya.

Rancangan tersebut "memberikan konstruksi awal untuk penyelesaian global dan kompromi dengan itikad baik atas koleksi klaim yang sangat besar dan rumit," menurut pengajuan pengadilan.

Di antara pertanyaan yang belum terjawab adalah perkiraan pemulihan kreditor, prioritas yang akan diberikan untuk menukar klaim kekurangan pertukaran dan keputusan dan cara di mana pertukaran FTX.com dijual atau direorganisasi, pengarsipan menunjukkan.

Kejatuhan FTX yang Kacau

Kerajaan FTX milik Sam Bankman-Fried runtuh pada November lalu, memicu gejolak di sektor kripto dan mendorong para pejabat di AS dan di tempat lain untuk memperketat pengawasan regulasi terhadap aset digital.

Keruntuhan FTX termasuk jatuhnya koin asalnya, FTT. Token yang pernah bernilai lebih dari $80, naik sekitar 10% dalam 24 jam terakhir menjadi $1,50, data CoinGecko menunjukkan.

Manajemen baru perusahaan mengatakan dalam sebuah laporan pada bulan Juni bahwa bursa FTX.com berhutang kepada pelanggan sekitar $ 8,7 miliar ketika mengajukan kebangkrutan. Lebih dari $ 6,4 miliar dari defisit tersebut dalam bentuk mata uang fiat dan stablecoin yang telah disalahgunakan, menurut laporan tersebut.

Tim manajemen pada saat itu mengatakan telah membuat "kemajuan besar" dalam mengamankan aset dan telah memulihkan sekitar $ 7 miliar dalam aset likuid sejauh ini. 

Bankman-Fried telah menolak berbagai tuduhan dan menghadapi persidangan pada bulan Oktober.  

(bbn)

No more pages