Logo Bloomberg Technoz

FTX Gugat Bankman-Fried & Kroni Kroninya US$1 Miliar

News
21 July 2023 12:20

Sam Bankman-Fried (Stephanie Keith/Bloomberg)
Sam Bankman-Fried (Stephanie Keith/Bloomberg)

Steven Church, Jonathan Randles dan Jeremy Hill - Bloomberg News

Bloomberg - Perusahaan bangkrut, FTX Trading Ltd. akan mencoba menarik kembali jutaan dolar dalam bentuk tunai dan lebih dari $1 miliar dari transaksi mencurigakan yang terjadi sebelumnya. Hal ini sebagai bagian dari gugatan baru yang diajukan FTX terhadap pendiri perusahaan dan tersangka penipu Sam Bankman-Fried dan kaki tangannya.

Gugatan tersebut menargetkan Bankman-Fried, co-funder & mantan CTO FTX Gary Wang, mantan Direktur Teknik Nishad Singh, dan mantan co-CEO Alameda Research LLC Caroline Ellison. Mereka dituduh melakukan berbagai penipuan transfer yang menguntungkan mereka secara pribadi, tetapi tidak melakukan apa pun untuk FTX.

Misalnya, gugatan tersebut menuduh bahwa Bankman-Fried dan Wang mengambil US$546 juta dari Alameda pada Mei 2022 untuk mengakuisisi saham di Robinhood Markets Inc. dan menawarkan suku bunga di bawah suku bunga pasar komersial. Satu-satunya otorisasi bagi Alameda untuk memperpanjang pinjaman datang dari Ellison, menurut gugatan itu.

Bankman-Fried, Wang dan Singh juga dituduh menggunakan pinjaman palsu untuk memperoleh saham dari FTX yang bernilai $250 juta pada saat itu.