Logo Bloomberg Technoz

Jokowi ke China, Kerja Sama Vaksin Halal Antisipasi Pandemi Baru

Ezra Sihite
28 July 2023 09:40

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ( Dok Sekretariat Kabinet )
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi ( Dok Sekretariat Kabinet )

Bloomberg Technoz, Jakarta - Dalam kunjungan Presiden Joko Widodo (Jokowi) ke Chengdu, China, ditelurkan sejumlah kerja sama baru. Namun sebagian adalah tindak lanjut kerja sama yang sudah diteken tahun lalu. Diketahui Presiden Jokowi juga bertemu dengan Presiden China Xi Jinping.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan, di bidang kesehatan antara lain diteken implementasi MoU Kerja Sama Kesehatan. Hal ini merupakan tindak lanjut MoU yang sudah ditandatangani pada tahun lalu.

"Menkes (Budi Gunadi Sadikin) melakukan pertemuan dengan lebih dari 30 pebisnis di bidang kesehatan sekaligus memfasilitasi match-making antar-bisnis dalam Indonesia-China Healthcare & Biotech Investment Forum," kata Menlu Retno Marsudi sebagaimana keterangan resmi Kemlu RI, Kamis malam (27/7/2023).

Dalam pertemuan menkes dengan sektor swasta dihasilkan 9 MoU yang berkaitan dengan transfer teknologi, produksi vaksin termasuk vaksin halal, produksi alat diagnostik dan manajemen sistem informasi kesehatan.

Sementara dalam pertemuan Presiden Jokowi dan Xi Jinping kata Menlu juga dibicarakan soal penguatan kerja sama vaksin, genomik, dan bioteknologi untuk menghadapi kemungkinan pandemi baru.