Logo Bloomberg Technoz

Devisa Hasil Ekspor yang Parkir di Indonesia Capai Rp19,5 T

Arif Subakti
26 July 2023 05:40

Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)
Ilustrasi dolar Amerika Serikat. (dok Bloomberg)

Bloomberg Technoz, Jakarta - Bank Indonesia (BI) mencatat secara kumulatif transaksi term deposit valuta asing Devisa Hasil Ekspor (DHE) yang masuk ke sistem keuangan nasional per Juli 2023 telah mencapai US$ 1,3 miliar (setara Rp19,5 triliun).

Deputi Senior Gubernur BI Destry Damayanti mengatakan hingga saat ini DHE yang masuk tersebut rata-rata ditempatkan pada term deposito valas bertenor pendek yakni 1 hingga 6 bulan.

“Memang mayoritas masih satu bulan, karena perputarannya cepat walaupun outstandingnya di US$ 443 juta tapi kumulatif sudah mencapai US$1,3 miliar,” ungkap Destry dalam konferensi pers Rapat Dewan Gubernur Bank Indonesia bulan Juli di Jakarta, Selasa (25/7).

Hingga saat ini Bank Indonesia optimis bahwa transaksi TD Valas DHE akan terus meningkat seiring dengan terus dilakukannya sosialisasi.

Seperti yang diketahu Bank Indonesia meluncurkan instrumen operasi Term Deposit Valuta Asing Devisa Hasil Ekspor (TD VAlas DHE) sejak 1 Maret 2023 lalu. Kebijakan tersebut dilakukan untuk memfasilitasi penempatan DHE para eksportir di Bank Indonesia melaui bank yang ditunjuk sesuai dengan mekanisme pasar.